Media Pembelajaran Berbasis IT

TUGAS 1
MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
“Pengertian, manfaat dan jenis Media Pembelajaran”





Oleh
Ivo Novidsa
14031042
Kelompok 8

Dosen
Drs. Ardi, M.Si.
Rahmadhani Fitri, M.Pd.




Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Padang
2017





Pengertian, manfaat, dan jenis Media Pembelajaran
A.    Pengertian media pembelajaran
Media berasal dari bahasa yunani yaitu medium yang merupakan bentuk jamak dari kata medius yang berarti tengah, dalam bahasa Indonesia media diartikan sebagai  “antara” atau “sedang”. Ada banyak pengertian media pembelajaran menurut para ahli, salah satunya adalah menurut Latuheru (1988) yang mengatakan bahwa media pembelajaran merupakan semua alat (bantu) atau benda yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik atau warga belajar). Dari pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan alat bantu untuk menyimpulkan pesan dari sumber kepada penerima. Maka media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan oleh guru sebagai alat bantu mengajar, dalam interaksi pembelajaran guru menyampaikan pesan ajaran berupa materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan motivasi, ransangan dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan.
B.     Manfaat media
Menurut Brown (1983) semua jenis media pembelajaran akan terus meningkatkan peran untuk memunginkan siswa memperoleh manfaat dari pembelajaran yang berbeda. Menggunakan media pembelajaran secara secara efektif, akan menciptakan suatu proses belajar mengajar yang optimal. Pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dari proses pembelajaran. Media pembelajaran memberikan manfaat dari pendidik maupun peserta didik. Media pembelajaran dapat membantu proses belajar mengajar, penyampaian pesan dan isi pelajaran dapat diterima baik oleh siswa.
Menurut Latuheru (1988) manfaat media pembelajaran yaitu:
1.        Media pembelajaran menarik dan memperbesar perhatian anak-anak didik terhadap materi pengajaran yang disajikan.
2.        Media pembelajaran mengurangi, bahkan dapat menghilangkan adanya verbalisme.
3.        Media pembelajaran mengatasi perbedaan pengalaman belajar berdasarkan latar belakang sosial ekonomi dari anak didik.
4.        Media pembelajaran membantu memberikan pengalaman belajar yang sulit diperoleh dengan cara yang lain.
5.        Media pembelajaran dapat mengatasi masalah batas-batas ruang dan waktu.
6.        Media pembelajaran dapat membantu perkembangan pikiran anak didik secara teratur tentang hal yang mereka alami.
7.        Media pembelajaran dapat membantu anak didik dalam mengatasi hal yang sulit Nampak dengan mata.
8.        Media pembelajaran dapat membutuhkan  kemampuan berusaha sendiri berdasarkan pengalaman dan kenyataan.
9.        Media pembelajaran dapat mengatasi hal/peristiwa/kejadian yang sulit diikuti oleh indera mata.
10.    Media pembelajaran memungkinkan terjadinya kontak lansung antara anak didik, guru, dengan masyarakat, maupun dengan lingkungan alam disekitar mereka.
Maka dapat disimpulkan media pembelajaran bermanfaat untuk membantu penyampaikan bahan pengajaran kepada siswa untuk meningkatkan kualitas siswa yang aktif dan interaktif sehinggga dapat mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran disekolah.
C.    Jenis-jenis media pembelajaran
Menurut taksonomi Leshin media pembelajaran dibagi menjadi lima macam, diantaranya adalah sebagai berikut.
1.        Media berbasi manusia
Media berbasis manusia merupakan media yang digunakan untuk mengirim dan mengkomunikasikan peran atau informasi.
2.        Media berbasis cetakan
Media pembelajaran berbasis cetakan yang paling umum dikenal adalah buku teks, buku penuntun, buku kerja atau latihan, jurnal, majalah, dan lembar lepas.
3.        Media berbasis visual
Media berbasis visual (image) dalam hal ini memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.
4.        Media berbasis audiovisual
Media visual yang menggabungkan penggunaan suara memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya. Salah satu pekerjaan penting yang diperlukan dalam media audio-visual adalah penuisan naskah dan storyboard yang memerlukan persiapan yang banyak, rancangan dan penelitian.
5.        Media berbasis computer
Komputer memilliki fungsi yang berbeda dibidang pendidikan dan latihan computer berperan sebagai manajer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer Managed Instruction (CMI). Modus ini dikenal sebagai Computer Assisted Intruction (CAI). CAI mendukung pembelajaran dan pelatihan, akan tetapi ia bukanlah penyampaian utama materi pelajaran
            Berzt mengklasifikasikan media pembelajaran dalam tujuh kelompok, yaitu:
1.        Media audio, seperti: tape recorder.
2.        Media cetak, seperti: buku, modul.
3.        Media visual diam, seperti: Foto, slide, gambar.
4.        Media visual gerak, seperti: film bisu, movie maker tanpa suara, video tanpa suara.
5.        Media audio semi gerak, gerak: tulisan jauh bersuara.
6.        Media audio visual diam, seperti: film rangkai suara, slide rangkai suara.
7.        Media audio visual gerak, seperti: film documenter
Henich mengklasifikasikan media pembelajaran menjadi enam macam, yaitu:
1.        Media yang tidak diproyeksikan
2.        Media yang diproyeksikan
3.        Media audio
4.        Media video
5.        Media berbasis computer
6.        Multimedia kit
Maka dapat disimpulkan secara garis besar media pembelajaran terbagi atas media audio, visual, audio-visual dan multimedia.
            Media pembelajaran bebrbasis komputer merupakan salah satu media pembelajaran dengan penyajian menggunaka komputer. Komputer memiliki kemampuan untuk menyajikan proses pembelajaran interaktif. Materi yang sampaikan menggunkan media komputer adalah materi yang dikemas dalam program tertentu melalui komputer. Media pembelajaran berbasis computer sangat tepat digunakan sebagai media interaktif pembelajaran. Media ini merupakan bentuk media yang dapat digunakan secara lansung kepada pengguna media.
            Perkembangan teknologi pendidikan pada gilirannya menumbuhkan perkembangan baru dalam dunia pendidikan. Pemikiran dan penemuan-penemuan baru terjadi antara lain penggunaan multimedia pendidikan. Multimedia adalah kombinasi dari teks, seni, suara, animasi, dan video yang disajikan melalui komputer atau sarana elektroknik atau digital. Kelebihan penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran adalah sebagai berikut.
1.      Bersifat interaktif karena multimedia interraktif dirancang untuk dipakai oleh pengguna (siswa) secara individual (belajar mandiri).
2.       Memberikan iklim efeksi secara individual karena dirancang khusus untuk pembelajaran mandiri.
3.     Kebutuhan pengguna (siswa) secara individual dapat terakomodasi, termasuk bagi mereka yang lamban dalam penerima pelajaran.
4.        Meningkatkan motivasi belajar pengguna (siswa)
5.        Memberikan umpan balik
6.        Konrol pemanfaatannya sepenuhnya berada pada pengguna (siswa)

Daftar Pustaka

Anonim. 2008. Online (diakses dari: http://eprints.uny.ac.id/9668/3/bab%202%20-%2008205244010.pdf pada tanggal  4 Februari 2017)

Komentar