TUGAS 1
MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS
TEKNOLOGI INFORMASI
“Pengertian, manfaat dan jenis
Media Pembelajaran”
Oleh
Ivo Novidsa
14031042
Kelompok 8
Dosen
Drs. Ardi, M.Si.
Rahmadhani Fitri, M.Pd.
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan ilmu
Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Padang
2017
Pengertian,
manfaat, dan jenis Media Pembelajaran
A. Pengertian media pembelajaran
Media berasal dari
bahasa yunani yaitu medium yang
merupakan bentuk jamak dari kata medius
yang berarti tengah, dalam bahasa Indonesia media diartikan sebagai “antara” atau “sedang”. Ada banyak pengertian
media pembelajaran menurut para ahli, salah satunya adalah menurut Latuheru
(1988) yang mengatakan bahwa media pembelajaran merupakan semua alat (bantu)
atau benda yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dengan maksud
menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari sumber (guru maupun sumber
lain) kepada penerima (dalam hal ini anak didik atau warga belajar). Dari
pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan alat
bantu untuk menyimpulkan pesan dari sumber kepada penerima. Maka media
pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan oleh guru sebagai alat bantu
mengajar, dalam interaksi pembelajaran guru menyampaikan pesan ajaran berupa
materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran berfungsi untuk
meningkatkan motivasi, ransangan dan mempermudah siswa dalam memahami materi
yang telah disampaikan.
B. Manfaat media
Menurut Brown (1983)
semua jenis media pembelajaran akan terus meningkatkan peran untuk memunginkan
siswa memperoleh manfaat dari pembelajaran yang berbeda. Menggunakan media
pembelajaran secara secara efektif, akan menciptakan suatu proses belajar
mengajar yang optimal. Pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dari proses pembelajaran.
Media pembelajaran memberikan manfaat dari pendidik maupun peserta didik. Media
pembelajaran dapat membantu proses belajar mengajar, penyampaian pesan dan isi
pelajaran dapat diterima baik oleh siswa.
Menurut Latuheru (1988)
manfaat media pembelajaran yaitu:
1.
Media pembelajaran menarik dan
memperbesar perhatian anak-anak didik terhadap materi pengajaran yang
disajikan.
2.
Media pembelajaran mengurangi, bahkan dapat
menghilangkan adanya verbalisme.
3.
Media pembelajaran mengatasi perbedaan
pengalaman belajar berdasarkan latar belakang sosial ekonomi dari anak didik.
4.
Media pembelajaran membantu memberikan
pengalaman belajar yang sulit diperoleh dengan cara yang lain.
5.
Media pembelajaran dapat mengatasi masalah
batas-batas ruang dan waktu.
6.
Media pembelajaran dapat membantu
perkembangan pikiran anak didik secara teratur tentang hal yang mereka alami.
7.
Media pembelajaran dapat membantu anak
didik dalam mengatasi hal yang sulit Nampak dengan mata.
8.
Media pembelajaran dapat
membutuhkan kemampuan berusaha sendiri
berdasarkan pengalaman dan kenyataan.
9.
Media pembelajaran dapat mengatasi
hal/peristiwa/kejadian yang sulit diikuti oleh indera mata.
10. Media
pembelajaran memungkinkan terjadinya kontak lansung antara anak didik, guru,
dengan masyarakat, maupun dengan lingkungan alam disekitar mereka.
Maka dapat disimpulkan
media pembelajaran bermanfaat untuk membantu penyampaikan bahan pengajaran
kepada siswa untuk meningkatkan kualitas siswa yang aktif dan interaktif
sehinggga dapat mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran disekolah.
C. Jenis-jenis media pembelajaran
Menurut taksonomi
Leshin media pembelajaran dibagi menjadi lima macam, diantaranya adalah sebagai
berikut.
1.
Media berbasi manusia
Media berbasis manusia merupakan
media yang digunakan untuk mengirim dan mengkomunikasikan peran atau informasi.
2.
Media berbasis cetakan
Media pembelajaran berbasis cetakan
yang paling umum dikenal adalah buku teks, buku penuntun, buku kerja atau latihan,
jurnal, majalah, dan lembar lepas.
3.
Media berbasis visual
Media berbasis visual (image) dalam
hal ini memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual
dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan
minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan
dunia nyata.
4.
Media berbasis audiovisual
Media visual yang menggabungkan
penggunaan suara memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya. Salah satu
pekerjaan penting yang diperlukan dalam media audio-visual adalah penuisan
naskah dan storyboard yang memerlukan persiapan yang banyak, rancangan dan
penelitian.
5.
Media berbasis computer
Komputer memilliki fungsi yang
berbeda dibidang pendidikan dan latihan computer berperan sebagai manajer dalam
proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer Managed Instruction (CMI). Modus ini dikenal sebagai Computer Assisted Intruction (CAI). CAI
mendukung pembelajaran dan pelatihan, akan tetapi ia bukanlah penyampaian utama
materi pelajaran
Berzt
mengklasifikasikan media pembelajaran dalam tujuh kelompok, yaitu:
1.
Media audio, seperti: tape recorder.
2.
Media cetak, seperti: buku, modul.
3.
Media visual diam, seperti: Foto, slide,
gambar.
4.
Media visual gerak, seperti: film bisu, movie maker tanpa suara, video tanpa
suara.
5.
Media audio semi gerak, gerak: tulisan
jauh bersuara.
6.
Media audio visual diam, seperti: film
rangkai suara, slide rangkai suara.
7.
Media audio visual gerak, seperti: film documenter
Henich
mengklasifikasikan media pembelajaran menjadi enam macam, yaitu:
1.
Media yang tidak diproyeksikan
2.
Media yang diproyeksikan
3.
Media audio
4.
Media video
5.
Media berbasis computer
6.
Multimedia kit
Maka dapat disimpulkan
secara garis besar media pembelajaran terbagi atas media audio, visual, audio-visual
dan multimedia.
Media
pembelajaran bebrbasis komputer merupakan salah satu media pembelajaran dengan
penyajian menggunaka komputer. Komputer memiliki kemampuan untuk menyajikan
proses pembelajaran interaktif. Materi yang sampaikan menggunkan media komputer
adalah materi yang dikemas dalam program tertentu melalui komputer. Media
pembelajaran berbasis computer sangat tepat digunakan sebagai media interaktif
pembelajaran. Media ini merupakan bentuk media yang dapat digunakan secara
lansung kepada pengguna media.
Perkembangan
teknologi pendidikan pada gilirannya menumbuhkan perkembangan baru dalam dunia
pendidikan. Pemikiran dan penemuan-penemuan baru terjadi antara lain penggunaan
multimedia pendidikan. Multimedia adalah kombinasi dari teks, seni, suara,
animasi, dan video yang disajikan melalui komputer atau sarana elektroknik atau
digital. Kelebihan penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran adalah
sebagai berikut.
1. Bersifat interaktif karena multimedia
interraktif dirancang untuk dipakai oleh pengguna (siswa) secara individual
(belajar mandiri).
2. Memberikan iklim efeksi secara
individual karena dirancang khusus untuk pembelajaran mandiri.
3. Kebutuhan pengguna (siswa) secara
individual dapat terakomodasi, termasuk bagi mereka yang lamban dalam penerima
pelajaran.
4.
Meningkatkan motivasi belajar pengguna
(siswa)
5.
Memberikan umpan balik
6.
Konrol pemanfaatannya sepenuhnya berada
pada pengguna (siswa)
Daftar Pustaka
Anonim. 2008. Online (diakses dari: http://eprints.uny.ac.id/9668/3/bab%202%20-%2008205244010.pdf
pada tanggal 4 Februari 2017)
Komentar
Posting Komentar